A. PERUSAHAAN
Perusahaan adalah suatu unit kegiatan yang melakukan aktivitas pengolahan faktor-faktor produksi untuk menyediakan barang dan jada bagi masyarskat, mendistribusi serta melakukan upaya lain dengan tujuan menperoleh keuntungan dan memuaskan kebutuhan masyarakat.
1. Tujuan Pendirian Perusahaan
Dibedakan menjadi 2 yaitu:
a. Tujuan ekonomis
Bertujuan dengan upaya perusahaan untuk mempertahankan eksistensinya. Contoh: Menciptakan laba, pelanggan, keinginan konsumen, tenaga produk, kualitas, harga dan kuantitas.
b. Tujuan sosial
Bertujuan agar perusahaan memperhatikan keinginan investor, karyawan, penyedia, faktor-faktor produksi, maupun masyarakat luas.
Kedua tujuan tersebut saling mendukung untuk mencapai tujuan utama perusahaan, yaitu memberi kepuasan kepada keinginan konsumen ataupun pelanggan.
2. Ciri-ciri Perusahaan
Ciri-ciri perusahaan ini mencerminkan kekhasan yang membuat perusahaan bersangkutan mudah dikendali. Ciri umumnya:
° Operatif
Adanya aktivitas ekonomi yang berkenaan dengan kegiatan produksi, penyedia dan distribusi barang dan jasa.
° Koordinatif
Diperlukan koordinasi semua pihak agar saling mendukung satu sama lain untuk mencapai tujuan.
° Regular
Untuk mencapai kesinambungan perusahaan diperlukan keteraturan yang dapat mendukung aktivitas agar dapat selalu bergerak maju.
° Dinamis
Lingkungan selalu berubah oleh karena itu mampu mengikuti dan menyesuaikan diri terhadap perubahan.
° Formal
Tunduk kepada peraturan yang berlaku setelah memenuhi persyaratan pendirian.
° Lokasi
Perusahaan didirikan pada suatu tempat tertentu dalan suatu kawasan yang secara geografis jelas.
° Pelayanan Bersyarat
Keberhasilan perusahaan tersebut terhadap visi dan misi dalam suatu kawasan yang secara geografis jelas.
B. LINGKUNGAN PERUSAHAAN
Lingkungan perusahaan adalah keseluruhan dari faktor-faktor ekstren yang mempengaruhi perusahaan baik organisasi maupun kegiatannya. Contohnya: Perekonomian, teknologi dan pasar.
1. Tempat dan Letak Perusahaan
Pemilihan tempat dan letak perusahaan, faktor penting untuk menjamin tercapainya:
● Tujuan perusahaan
● Efisiensi perusahaan
● Daerah pemasaran produk
● Pindah tempat: tidak ekonomis dan peraturan pemerintah.
a. Tempat kedudukan perusahaan
Tempat perusahaan adalah kantor pusat perusahaan yang dipengaruhi oleh faktor kelancaran hubungan dengan lembaga lainnya.
b. Letak perusahaan
Letak perusahaan adalah tempat perusahaan melakukan kegiatan fisik atau pabrik dipengaruhi oleh faktor ekonomi efisiensi yang berkaitan dengan biaya.
● Jenis-jenis letak perusahaan
Dibedakan menjadi 4, yaitu:
° Terikat pada alam, pada umumnya karena tersedia dan kemudahan bahan baku. Contoh: Perusahaan timah, emas, minyak bumi dll.
° Terikat sejarah, yaitu perusahaan menjalankan aktivitasnya di suatu daerah tertentu karena hanya dapat dijelaskan berdasarkan sejarah. Contoh: Perusahaan batik, pekalongan.
° Ditetapkan oleh pemerintah, yaitu perusahaan yang didirikan atas dasar pertimbangan, politik dan kesehatan. Contoh: Perusahaan kimia, limbah dampaknya dapat ditekan serendah mungkin.
° Dipengaruhi oleh faktor-faktor ekonomi, yang bersifat industri adalah ketersediaan bahan mentah, tenaga air, tenaga kerja, modal, transportasi, kedekatan dengan pasar dan kesesuaian iklim.
LINGKUNGAN EKSTERNAL DAN LINGKUNGAN INTERNAL
Pada dasarnya lingkungan perusahaan dibedakan menjadi:
1. Lingkungan Eksternal
Lingkungan eksternal adalah perusahaan yang berpengaruh tidak langsung terhadap kegiatan perusahaan.
Lingkungan ekternal perusahaan dapat dibedakan menjadi:
a) Lingkungan ekternal makro adalah lingkungan ekternal yang berpengaruh tidak langsung terhadap kegiatan usaha. Contoh:
° Keadaan alam = Sumber Daya Alam (SDA) dan lingkungan.
° Politik dan Hankam = Kehidupan operasional perusahaan sangat berpengaruh oleh politik dan hankam Negara dimana perusahaan berada.
° Hukum
° Perekonomian
° Pendidikan dan Kebudayaan
° Sosial dan Budaya
° Kependudukan
° Hubungan Internasional
b) Lingkungan eksternal mikro adalah lingkungan eksternal yang pengaruh langsung terhadap kegiatan usaha. Contoh:
° Pemasok/Supplier = yaitu yang menunjang kelangsungan operasi perusahaan.
° Perantara = misalnya distributor, pengecer yang berperan dalam pendistribusikan hasil-hasil produksi ke konsumen.
° Teknologi = yaitu yang berkaitan dengan perkembangan proses kerja, peralatan metode dll.
° Pasar = sebagai sasaran dari produk yang dihasilkan oleh perusahaan.
2. Lingkungan Internal
Lingkungan internal adalah faktor-faktor yang berada dalam kegiatan produksi dan langsung mempengaruhi hasil produksi. Contoh:
° Tenaga kerja
° Peralatan dan mesin
° Permodalan (pemilik, investor, pengolahan dana)
° Bahan mentah, bahan setengah jadi dan pergudangan.
° Sistem informasi dan administrasi sebagai acuan pengambilan keputusan.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar